BMKG: Peringatan Dini Banjir Jakarta Dikeluarkan Seminggu Sebelumnya

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menjelaskan, terjadi pemendekan siklus cuaca ekstrem di Indonesia. Siklus cuaca ekstrem yang biasanya terjadi selama 20 tahun atau 30 tahunan kini memendek hanya lima tahunan.

“Artinya apa? Kenapa bisa demikian? Meskipun hujannya tinggi tapi perubahan lingkungan itu yang mempercepat siklus balik itu datang. Jadi ada pengaruhnya,” papar dia di gedung BPPT, Jakarta, Jumat (3/1).

Oleh karenanya, dia mengatakan manusia juga harus bisa beradaptasi dengan perubahan ini. Di samping itu ia menekankan pentingnya mitigasi bencana. Utamanya yang menyangkut peringatan dini bencana.

Menurut Rita, sapaan akrab Kepala BMKG ini peringatan dini sebelum bencana banjir yang menimpa Jakarta dan sekitarnya sudah diberikan seminggu sebelumnya.

“Peringatan dini yang sudah disampaikan seminggu sebelumnya, tanggal 23, 27, 28 dan terakhir bersama Kepala BNPB tanggal 30 Desember ternyata dianggap kurang dahsyat,” jelas dia.
1 dari 1 halaman
Peringatan Dini Tidak Diantisipasi

Rita menambahkan peringatan dini yang disampaikan pihak seakan tidak diantisipasi oleh publik. Ia menganggap publik menafsirkan peringatan dini itu sebagai perkiraan yang tidak ada dasar perhitungannya.

Padahal, ia melanjutkan peringatan dini yang BMKG sampaikan merupakan suatu bentuk prakiraan yang dilandaskan pada perhitungan matematis.

“Dasarnya apa? Dasarnya data. Data dari mana? Tidak cukup data satelit, tapi data dari radar-radar. Kami memiliki puluhan radar kemudian data itu dihitung secara matematis dengan modeling,” ungkapnya.

Bahkan ia menjelaskan, modeling saja tidak cukup. Ditambah lagi dengan data yang dihimpun dari stasiun cuaca yang tersebar di berbagai daerah.

“Sehingga mohon dengan sangat percayailah prakiraan. Memang bisa salah karena kami bukan Tahun. Tapi akurasi kami adalah 80 sampai 85 persen,” terangnya.

ika/man

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.