Bupati Sidoarjo Yang Tertangkap OTT KPK PKB Siap Berikan Bantuan Hukum

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Operasi Tangkap Tangan (OTT) Bupati Sidoarjo Syaiful Ilah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (7/1) kemarin, belum disikapi oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Meski demikian, PKB menyatakan siap untuk memberikan bantuan dan pendampingan hukum pada Syaiful yang nota bene adalah Ketua DPC PKB Sidoarjo.

Wakil Ketua DPW PKB Jatim, Hikmah Bafaqih mengatakan, hingga kini pihaknya masih menunggu kejelasan masalah yang menimpa Bupati Sidoarjo tersebut. Ia mengaku, pihaknya masih belum menerima informasi yang jelas terkait dengan peristiwa OTT itu.

“Kami masih menunggu (kejelasan masalah) ya. Apalagi kan belum ada pengumuman dari sana (KPK). Namun pada prinsipnya kami menghormati proses hukum yang sedang berjalan ini,” terangnya, Rabu (8/1).

Dia menambahkan, saat ini yang bisa dilakukan oleh pihaknya adalah menunggu instruksi dari DPP PKB untuk menyikapi masalah Bupati Sidoarjo tersebut. “Kami belum bisa memutuskan apapun. Tapi kami punya mekanisme di internal partai. Kami akan tunggu perintah dari pusat (DPP PKB) saja,” tambahnya.

Terkait dengan upaya pendampingan hukum, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pengurus DPC PKB Surabaya, agar berkoordinasi dengan pihak keluarga. Jika nantinya memang diperlukan, pihaknya siap untuk memberikan bantuan hukum.

“Saya sudah berkomunikasi dengan sekretaris DPC agar berkomunikasi dengan keluarga terkait dengan langkah-langkah yang diperlukan. Namun pada prinsipnya kami siap memberikan bantuan bila memang nanti diperlukan,” tegasnya.

Untuk diketahui, selain menjadi Bupati Syaiful Ilah juga merupakan kader PKB. Ia bahkan menjabat sebagai Ketua DPC PKB Sidoarjo untuk periode 2107-2022.

Sebelumnya, Saiful Ilah beserta sejumlah pejabat lain di lingkungan Pemkab Sidoarjo, dan pihak swasta tertangkap KPK, Selasa (7/1). Mereka ditangkap dalam OTT oleh petugas lembaga rasuah itu atas dugaan suap pengadaan barang dan jasa.

Selain itu, para petugas penyidik KPK juga telah melakukan pemeriksaan di Mapolda Jatim malam itu juga. Dan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, selanjutnya Bupati diterbangkan ke Jakarta, Rabu (8/1) pagi.

era/yus

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.