Daftar Anggota TGPF Penembakan Papua Bentukan Mahfud MD

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Menko Polhukam Mahfud MD resmi mengumumkan pembentukan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk menginvestigasi rentetan peristiwa penembakan yang terjadi di wilayah Intan Jaya, Papua dalam beberapa waktu terakhir.

Diketahui, insiden itu setidaknya telah menewaskan dua anggota TNI, satu warga sipil dan seorang pendeta yang bernama Yeremia Zanambani.

“TGPF Kasus Intan Jaya dengan nomor keputusan 83 Tahun 2020. Di dalam lampiran 1 kami itu angkat tim investigasi lapangan. Ketuanya Pak Benny Mamoto, Wakil Ketua Sugeng Purnomo,” kata Mahfud MD dalam konferensi pers secara daring, Jumat (2/10).

Secara keseluruhan, TGPF itu beranggotakan sebanyak 30 orang yang terbagi dalam dua tim, yakni Penanggung Jawab, Pengarah dan Tim Investigasi Lapangan yang berjumlah 18 orang.
Lihat juga: Mahfud Ungkap Alasan Tak Ajak Komnas HAM di TGPF Papua

Merujuk pada salinan Keputusan Menko Polhukam Nomor 83 Tahun 2020, Tim Investigasi Lapangan akan dipimpin oleh Benny Mamoto sebagai Ketua. Dia merupakan pensiunan Polri dengan pangkat Inspektur Jenderal dan saat ini menjabat sebagai Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Dalam tim itu, Mahfud menunjuk Sugeng Purnomo sebagai Wakil Ketua. Sugeng merupakan pengemban jabatan sipil sebagai Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kemenko Polhukam.

Selain itu, Mahfud juga menunjuk sejumlah tokoh Papua dalam tim investigasi itu. Misalnya, Apolo Safonpo yang merupakan Rektor Universitas Cenderawasih Papua. Kemudian Constant Karma yang pernah menjabat sebagai penjabat Gubernur Papua pada 2012 hingga 2013.

Rekam jejaknya banyak dikenal sebagai seorang politikus dari Partai Golkar dan seorang birokrat. Dia juga sempat dilantik sebagai Komisaris BPD Papua.

Kemudian tokoh Papua lain yang juga ditunjuk Mahfud adalah Samuel Tabuni yang merupakan Direktur Papua Language Institute (PLI) dan sempat mengikuti pelatihan di Young SouthEast Asian Leaders Anitiative (YSEALI).

Nama lain tokoh Papua yang masuk dalam TGPF adalah Thoha Abdul Hamin dan Victor Abraham Abaidata. Nama terakhir sempat menjabat sebagai Wakil Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Papua. Namun, pada November 2014 silam dia dipecat dari partai kepemimpinan Aburizal Bakrie itu.

Dalam tim investigasi itu, ditunjuk juga dua orang dari kalangan Gereja, yakni Koordinator Bidang Hukum dan Advokasi Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia, Jhony Nelson Simanjuntak dan Ketua Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) di Timika, Henok Bagau.

Mahfud juga menunjuk mantan Hakim Konstitusi I Dewa Gede Palguna untuk menjadi anggota tim investigasi. Selain itu, ada juga nama Edwin Partogi Pasaribu yang merupakan Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dan akademisi dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Bambang Purwoko.

Selain dari kalangan masyarakat sipil, Mahfud juga menunjuk anggota dari kalangan institusi penegak hukum seperti Polri, Kejaksaan, TNI, dan Badan Intelijen Negara (BIN)

Mereka adalah Kepala Divisi Hukum Polri Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho; Deputi III Bidang Kontra Intelijen BIN, Asep Subarkah; Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI, Mayor Jenderal Eddy Rate Muis; dan terakhir Direktur Ideologi Politik, Pertahanan, dan Keamanan, Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen, Kejaksaan Republik Indonesia, Arif.

Daftar Anggota TGPF Peristiwa Kekerasan dan Penembakan di Kabupaten Intan Jaya, Papua:

Penanggung Jawab: Mahfud MD (Menko Polhukam)

Pengarah:

Ketua: Tri Soewandono (Sekretaris Kemenko Polhukam)

Anggota:
Purnomo Sidi (Deputi Kemenko Polhukam)
Lutfi Rauf (Deputi Kemenko Polhukam)
Rudianto (Deputi Kemenko Polhukam)
Aemed Wijaya (Deputi Kemenko Polhukam)
Janedjri M Gaffar (Deputi Kemenko Polhukam)
Rus Nurhadi Sutedjo (Deputi Kemenko Polhukam)
Jaleswari Pramodhawardani (Deputi V Kantor Staf Presiden)
Imron Cotan (BIN)
Rizal Mustary (Staf Khusus Kemenko Polhukam)
Michael Manufandu (Tokoh Papua)

Tim Investigasi Lapangan:

Ketua: Benny Mamoto (Ketua Harian Kompolnas)

Wakil Ketua: Sugeng Purnomo (Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan HAM Kemenko Polhukam)

Anggota:
Makarim Wibisono (Tokoh masyarakat)
Jhony Nelson Simanjuntak (PGI)
Henok Bagau (Ketua Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kemah Injil Indonesia di Timika)
Apolo Safonpo (Rektor Uncen)
Constan Parma (Tokoh Papua)
Thoha Abdul Hamid (Tokoh Papua)
Samuel Tabuni (Tokoh Papua)
Victor Abraham Abaidata (Tokoh Papua)
I Dewa Gede Palguna (Universitas Udayana Bali)
Bambang Purwoko (UGM)
Budi Kuncoro (Staf Khusus Kemenko Polhukam)
Rudy Heriyanto Adi Nugroho (Kepala Divisi Hukum Polri)
Asep Subarkah (BIN)
Eddy Rate Muie (Komandan Pusat POM TNI)
Arif (Direktur di Jaksa Agung Muda Intelijen Kejagung)
Edwin Partogi Pasaribu (Wakil Ketua LPSK)

**/rta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.