Ditahan di RSCM, Setya Novanto dijaga penyidik KPK dan polisi

Posted by:

Jakarta Jejaknews- Tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto (Setnov) melalui kuasa hukumnya, Fredrich Yunadi menolak penahanan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Meski begitu, KPK tetap melakukan pembantaran di RSCM, tempat Setya Novanto mendapat perawatan medis.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan saat proses pembantaran dilakukan, Fredrich menolak untuk menandatangani berkas tersebut. Meski begitu, berdasarkan KUHAP yang berlaku, Febri mengatakan berita acara penolakan pembantaran tetap dilakukan dengan ditandatangani oleh penyidik.

“Jadi, baik berita acara penahanan maupun berita acara pembantaran tidak ditandatangani pihak SN. Sesuai KUHAP maka penyidik membuat berita acara pembantaran,” ujar Febri saat melakukan konferensi pers di gedung KPK, Jumat (17/11).

Dibantarkannya Setya Novanto di RSCM tidak membuka peluang pihak-pihak yang akan menjenguk orang nomor satu di DPR dan Partai Golkar itu. Febri menyebutkan selama pembantaran, tamu yang hendak menjenguk Setnov harus mendapat izin terlebih dahulu oleh penyidik KPK.

Proses izin tersebut hampir sama dengan proses perizinan saat keluarga atau kuasa hukum saat tersangka di tahan di rumah tahanan (rutan).

Selain itu, Febri menambahkan penjagaan di ruang inap Setnov akan dilakukan oleh tim KPK dan Polri.

“Selama pembantaran penahanan itu, SM akan berada dalam proses perawatan di RSCM dengan penjagaan tim KPK dan Polri,” ujarnya.

Diketahui, Kamis malam Setya Novanto mengalami kecelakaan tunggal saat menunggangi mobil Toyota Fortuner B 1732 ZLO yang menabrak tiang listrik di Jalan Permata Berlian, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pasca kecelakaan, ketua umum Golkar itu segera dilarikan ke Rumah Sakit Permata Hijau.

Sehari setelahnya, Jumat siang hari, tim KPK membawa Setya Novanto ke RSCM untuk menjalani perawatan lebih lanjut. Meliputi proses CT Scan dan pemeriksaan jantung.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.