Flash Mob Tari Pakarena di Pantai Losari Buat Bule Inggris Terpukau

Posted by:

Makassar Jejaknews – Aksi flash mob Tari Pakarena dilakukan sekitar 1.000 digelar di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Aksi tersebut membuat seorang WNA asal Inggris terpukau.

Aksi tersebut digelar tepat di depan tulisan Pantai Losari, Sabtu (21/9/2019), menjelang matahari terbenam. Para warga, mulai dari ibu-ibu hingga anak-anak ikut menyaksikannya.

“Tarian Pakarena ini menggambarkan tentang bidadari yang turun dari langit, juga disebut sebagai Tumanurung (orang yang dipercaya sebagai utusan dewa) yang turun ke bumi mengajarkan kehidupan bermasyarakat yang di antaranya cara bercocok tanam, bertani, dan lainnya. Dan yang digambarkan sebagai Tumanurung di sini adalah perempuan,” kata salah seorang panitia, Lusia Palulungan menjelaskan filosofi Tari Pakarena.

Lusia menyebut flash mob tari tradisional ini merupakan yang kesekian kalinya. Sebelumnya, flash mob perah digelar di berbagai daerah, di antaranya Jakarta dan Medan.

“Jadi dulu di DKI (Jakarta) yang menantang Bandung, kemudian Medan, Medan menantang Jember dan Makassar, kemudian Makassar menantang Bengkulu,” sebutnya.

“Semua ini dilakukan secara swadaya, menunjukkan bahwa masyarakat Sulawesi Selatan terpanggil untuk sama-sama membangun kebersamaan dalam keberagaman,” imbuhnya.

oku/oku

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.