Gunung Merapi kembali Luncurkan Lava Pijar

Posted by:

Klaten Jejaknews – Gunung Merapi terus melakukan aktivitasnya. Petang tadi terjadi guguran lava pijar di puncak Gunung Merapi sekitar pukul 18.38 WIB. Guguran lava pijar itu tergolong kecil.

“Iya (ada guguran lava pijar),” ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida saat dikonfirmasi, Kamis (10/1/2019).

Dijelaskannya, guguran lava pijar yang terjadi petang tadi masih tergolong kecil. Dia memastikan guguran lava pijar tersebut tidak membahayakan warga karena skalanya masih kecil.

“mudah-mudahan aman. Jadi sampai saat ini tidak ada perubahan signifikan dari aktivitasnya. Semua parameter belum menunjukkan (aktivitas) yang signifikan,” tuturnya

Adapun guguran lava pijar di puncak Merapi, kata Hanik, adalah fenomena biasa. Lava pijar itu muncul karena adanya aktivitas pertumbuhan kubah lava di puncak Merapi.

“Iya, karena memang masih ada suplai magma, masih ada ya akan begitu. Pertumbuhan kubah lava masih terjadi ya akan terjadi guguran-guguran seperti itu,” ungkapnya.
Baca juga: 6 Bulan Waspada Merapi, BPBD Jateng: Radius Aman Hanya 3 Km

Status Gunung Merapi sampai saat ini belum mengalami perubahan, masih berada di level II atau waspada. Rekomendasi yang dikeluarkan BPPTKG masih sama.

“Misalnya sampai jarak 3 kilometer (dari puncak harus steril dari aktivitas manusia). Ya artinya itu aman sampai jarak 3 kilometer, kalau ke atas ya bahaya,” pungkas dia.

yuk/ken

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.