Jaksa Pinangki Hari Ini Jalani Sidang Perdana, Agenda Pembacaan Dakwaan

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat hari ini akan menggelar sidang perdana Jaksa Pinangki Sirna Malasari (PSM) dengan agenda dakwaan. Sidang pertama ini atas kasus dugaan suap dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Jaksa Pinangki dilakukan Djoko Tjandra.

“Ada (sidang Pinangki) Dakwaan, sidang pertama,” kata Kepala Humas PN Jakarta Pusat Bambang Nurcahyono saat dihubungi merdeka.com, Rabu (23/9).

Rencananya sidang tersebut akan digelar pada pukul 10.00 WIB. Namun ia belum tahu secara pastinya apakah sidang tersebut akan berlangsung pada waktu yang sudah ditentukan apa belum.

“Enggak tahu jam berapa, tergantung jaksanya menghadirkan. Sebagai standard kan kalau panggilan sidang jam 10.00 Wib, kan gitu. Kita ini hakim sudah standby semua kan,” ujarnya.

Selain itu, dia tak bisa memastikan apakah Pinangki akan hadir dalam sidang perdana tersebut atau tidak. Termasuk apakah sidang akan digelar secara virtual atau tidak.

“Saya enggak tahu (hadir atau enggak Pinangki), perintahnya dihadirkan atau tidak tergantung jaksa. Nanti kalau dihadirkan dengan protokol yang ketat dong kita di sini,” ungkapnya.

“Saya (juga) belum tahu, belum check virtual. Belum ada permintaan pemberatan,” tutupnya.

Sebelumnya, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat telah menetapkan jadwal sidang perdana kasus dugaan suap dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Sidang akan digelar Rabu 23 September 2020 pekan depan.

“Sidang pertama telah ditetapkan oleh Majelis Hakim yaitu hari Rabu, 23 September 2020,” ujar Kepala Humas PN Jakarta Pusat Bambang Nurcahyono saat dikonfirmasi, Jumat (18/9).

Bambang mengatakan, pihaknya telah menunjuk ketua majelis hakim sekaligus anggota dan panitera. Sidang rencananya akan dipimpin Ketua Majelis Hakim IG Eko Purwanto dengan anggota Sunarso dan Moch Agus Salim. Sementara itu, Yuswardi sebagai panitera pengganti.

“Berkas dilimpahkan hari Kamis 17 September 2020 dan telah ditunjuk Majelis Hakim sebagaimana di atas. Berkas perkara Jaksa Pinangki Sirna Malasari dilimpahkan oleh Kejari Jakarta Pusat,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) melakukan pelimpahan tahap II berkas kasus tindak pidana korupsi dan pencucian uang jaksa Pinangki Sirna Malasari (PSM) ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

“Sore hari ini dilakukan serah terima tanggung jawab tersangka dan barang bukti dari Jaksa Penyidik kepada Jaksa Penuntut Umum,” tutur Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono dalam keterangannya, Selasa (15/9).

won/rna

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.