Jokowi Serahkan 3.000 Sertifikat Tanah di Bali

Posted by:

Bali Jejaknews – Presiden Jokowi menyerahkan 3.000 sertifikat hak atas tanah bagi masyarakat di sejumlah wilayah di Provinsi Bali. Penyerahan tersebut berlangsung di lapangan umum Kilobar, Kabupaten Bangli, Jumat (14/6/2019).

“Provinsi Bali merupakan provinsi pertama di Indonesia yang mana seluruh bidang tanahnya akan bersertifikat tahun ini ,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Presiden mengakui terdapat puluhan juta bidang tanah di Indonesia yang masih belum bersertifikat. Padahal sertifikat tersebut merupakan bukti hukum atas kepemilikan tanah atau lahan. “Di seluruh Indonesia ini masyarakat yang pegang sertifikat harusnya 126 juta. Tetapi sampai 2014 kemarin yang pegang baru 46 juta. Berarti masih kurang 80 juta,” ucap Presiden.

Untuk itu, menurut Jokowi, akan dilakukan percepatan penerbitan sertifikat tersebut, pemerintah sejak tahun 2015 telah meluncurkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang mempermudah rakyat untuk mendapatkan sertifikat atas tanah yang mereka miliki.

Kepala Negara menjelaskan dalam tahun-tahun sebelumnya, pemerintah hanya dapat melakukan penerbitan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat hanya sebanyak kurang lebih 500 ribu sertifikat tiap tahunnya secara nasional.

“Namun saya minta menteri agraria ditingkatkan penerbitannya. Saya minta tahun depan itu 5 juta, tahun depannya lagi 7 juta, tahun depannya lagi 9 juta. Sehingga kita hitung-hitung, kita perkirakan, tahun 2025 itu seluruh sertifikat sudah bisa diberikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Presiden mengatakan banyak masyarakat yang belum memiliki sertifikat itu salah satunya disebabkan karena sulit dan lamanya melakukan pengurusan sertifikat ini. “Saya mengalami mengurus sertifikat bukan hitungan bulan, tapi tahun. Saya harus bicara apa adanya,” tuturnya.

gde/ayu

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.