Kapolda Kepri Bakal Jabat Irjen Kemenkumham

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Kapolda Kepulauan Riau Irjen Pol Andap Budhi Revianto bakal diangkat menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggantikan Jhoni Ginting. Pangkatnya pun akan naik jadi bintang tiga.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono. Andap ditugaskan di Kemenkumham berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1378/v/KEP./2020.

“Iya benar,” kata Argo lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (1/5).

Nantinya, jabatan Kapolda Kepri yang ditinggalkan Andap akan diisi oleh Irjen Aris Budiman yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua STIK Lemdiklat Polri dan Direktur Penyidikan KPK.

Terpisah, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan pengangkatan itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia no : 772/TPA Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi Madya dilingkungan Kemenhum dan HAM.

Andap, kata dia, akan melaksanakan pengambilan sumpah dan janji jabatan pada Senin (4/5). Itu berdasarkan surat dari Kemenkumham tanggal 30 April 2020.

“Kapolda Kepri akan melaksanakan Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan sebagai Pejabat pimpinan tinggi Madya Kementerian Hukum dan HAM,” ungkapnya.

“Kapolda Kepri yang sebelumnya berpangkat Inspektur Jenderal Polisi akan menjadi Komisaris Jenderal Polisi atau Pati Polri dengan pangkat Bintang tiga,” jelasnya.

Atas jabatan barunya itu, Andap mengatakan, “Terima kasih atas kerjasama yang baik selama ini dan memohon doa semoga amanah dan berkah serta dimudahkan, dilancarkan dan senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT dan mohon dimaafkan apabila ada salah dan khilaf.”

Terpisah, Kasubbag Humas Kemenkumham Ahmad Nursaleh belum mau merinci soal pengangkatan Andap sebagai Inspektur Jenderal yang baru. Dia hanya membenarkan bakal ada pelantikan pejabat baru Eselon I di Kemenkumham.

“Hari Senin (4/5) ada pelantikan Eselon 1. Kita tunggu saja. Hari Senin jam 13.00 WIB,” kata Nursaleh saat dihubungi.

Selain Andap, Polri juga menempatkan sejumlah perwira tinggi dan menengah di kementerian atau lembaga negara lain dalam periode mutasi kali ini. Misalnya, Irjen Pol Opik Taofik Nugraha di Kementerian Perdagangan. Sebelumnya, Opik ditugaskan di Badan Intelijen Negara (BIN).

Kemudian, Irjen Suharyono di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Brigjen Unggul Sedyantoro di Kemenko Polhukam, Brigjen Puja Laksana di Kemenko Polhukam, dan Brigjen Edison Sitorus di Kemenkumham.

Selain itu, Brigjen Yustan Alpiani di Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Brigjen Wagiman di Sekretariat Kabinet, Kombes Pol Uden Kusuma Wijaya di Kemenpora.

Sebelumnya, sejumah perwira Polri sudah lebih dulu menduduki jabatan di luar tugas kepolisian. Sejumlah pengamat menyebut itu bentuk keakraban rezim Jokowi dengan Polri.

ary/lia

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.