Kasus Rachmat Yasin, KPK Panggil 2 Eks Kasubag Keuangan Pemkab Bogor

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Penyidik KPK memanggil dua mantan Kasubag Keuangan Pemkab Bogor, Enung dan Kholid Mawardi. Keduanya akan diperiksa dalam kasus dugaan pemotongan anggaran dan gratifikasi yang menjerat eks Bupati Bogor Rachmat Yasin (RY).

“(Enung dan Kholid dipanggil) sebagai saksi untuk tersangka RY,” kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (14/10/2020).

Enung merupakan Kasubag Keuangan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bogor periode 2010-2013. Sedangkan Kholid adalah Kasubag Keuangan Dinas Lingkungan Hidup di periode yang sama.

Selain itu, KPK memanggil staf Bagian Keuangan RSUD Leuwiliang, Adib. Dia juga dipanggil guna diperiksa sebagai saksi kasus Rachmat Yasin.

Seperti diketahui, Rachmat Yasin merupakan mantan Bupati Bogor yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam dua kasus dugaan korupsi. Pada kasus pertama, Rachmat Yasin diduga menyunat anggaran SKPD senilai Rp 8,9 miliar untuk keperluannya, termasuk kampanye pada Pilkada 2013 dan Pileg 2014.

Kasus kedua, Rachmat Yasin diduga menerima gratifikasi berupa 20 hektare lahan dan mobil Toyota Vellfire. Gratifikasi berupa lahan diduga diterima Rachmat Yasin terkait pengurusan izin pesantren di kawasan Jonggol, sedangkan gratifikasi mobil diduga diterima dari seorang pengusaha.

Ini kedua kalinya Rachmat Yasin ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Dia sebelumnya dipenjara 5,5 tahun karena terbukti menerima suap dalam kasus alih fungsi hutan di Kabupaten Bogor.

riy/nna

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.