Ketua KPK Harun Masiku Sudah di Indonesia Tahu Pasti Ditangkap

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM akhirnya membenarkan kader PDIP, Harun Masiku sudah kembali ke Jakarta pada 7 Januari lalu. Harun menjadi buruan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga terlibat kasus korupsi yang menyeret anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan.

Dimintai tanggapannya, Ketua KPK, Firli Bahuri, menyatakan segera menangkap Harun jika keberadaannya terdeteksi. Katanya, tidak benar jika KPK menutupi jejak Harun.

“Kalau saya tahu tentang keberadaan tersangka, pasti saya tangkap. KPK tegas terhadap kasus tersangka,” kata Firli kepada liputan6.com, Kamis (23/1).

Meski Harun masih terus dicari, Firli mengatakan penyidikan kasus dugaan suap terhadap Wahyu terus berjalan. Termasuk tetap mencari keberadaan Harun.

“Proses pemanggilan saksi-saksi juga masih berlangsung. Upaya cari dan tangkap tersangka HM terus dilakukan,” tegas Firli.
1 dari 1 halaman

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan pihaknya tetap memercayai pernyataan Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM terkait keberadaan politikus PDIP Harun Masiku yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan suap terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

“Yang kami tahu dan kami yakini informasi dari humas Imigrasi bahwa yang bersangkutan (Harun) di luar negeri, dan belum ada informasi yang kami terima bahwa yang bersangkutan telah kembali ke Indonesia,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (16/1).

Berdasarkan informasi yang beredar, Harun Masiku sudah berada di Tanah Air sejak 7 Januari 2020. Saat terjadi operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wahyu Setiawan pada 8 Januari 2020, Harun disebut berada di Indonesia.

Bahkan, Harun sempat dibuntuti oleh tim penindakan lembaga antirasuah. Harun disebut bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di PTIK saat tim penindakan menggelar operasi senyap. Hasto sendiri sudah membantah kabar tersebut.

Ali Fikri mengatakan, dirinya tak menerima kabar soal keberadaan Harun di Tanah Air sejak 7 Januari 2020. Berdasarkan informasi dari Imigrasi, dia menambahkan, Harun hingga kini masih berada di luar negeri.

“Sampai hari ini tidak ada (kabar Harun di Tanah Air), yang ada bahwa dia ke luar negeri,” ujarnya.

riy/nna

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.