KPK Tindak Lanjut Laporan Yasonna Rintangi Kasus Harun Masiku

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menindaklanjuti laporan koalisi masyarakat sipil mengenai dugaan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly merintangi penyidikan dalam kasus korupsi penetapan pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR 2019-2024.

Kasus tersebut turut menjerat eks calon legislatif PDI Perjuangan (PDIP) Harun Masiku dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

“Kita akan telaah lebih jauh apakah di sana memang ada masuk dugaan tindak pidana korupsi ataukah tindak pidana yang lain,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (23/1) malam.

Ali menjelaskan setiap laporan yang masuk di pengaduan masyarakat harus melewati beberapa tahapan sebelum akhirnya diputuskan. Ia tidak menjelaskan detail tahapan apa saja yang dimaksud.

“Jika kemudian memang ada tersangka yang bisa dimintai pertanggungjawaban pidana, bisa ditingkatkan ke penyidikan,” katanya.

Ali menjelaskan penerapan Pasal 21 tentang merintangi penyidikan harus membutuhkan alat bukti yang kuat. KPK, tutur dia, tidak ingin gegabah. Apalagi dalam perkara ini, Ali menyatakan KPK masih menunggu hasil pendalaman mengenai delay time data perlintasan di Terminal 2 F Bandara Soekarno Hatta tempat Harun melintas.

Meskipun begitu, ia berujar pihaknya untuk saat ini masih fokus menangkap Harun Masiku.

“Sampai saat ini terkait dengan itu KPK sebenarnya fokus untuk pencarian tersangka HAR [Harun Masiku],” tandasnya.

riy/nna

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.