Rapim Kemenhan, Jokowi Minta TNI Polri Kerja Keras Jaga Kedaulatan

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada peserta Rapat Pimpinan (Rapim) Kemenhan Tahun 2020. Rapim digelar di Kompleks Kemenhan, Jln Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Dalam sambutan, Jokowi menegaskan kedaulatan negara tak bisa ditawar atau dinegosiasikan. Jokowi memerintahkan kepada seluruh jajaran TNI dan Polri untuk bekerja keras dalam memperkuat dan menjaga kedaulatan negara.

“Pagi hari ini saya perintahkan, kepada seluruh jajaran TNI Polri, harus bekerja, bersungguh-sungguh dalam rangka memperkuat dan menjaga kedaulatan negara kita Indonesia, untuk berdiri paling depan dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI,” tegas Jokowi di Kemenhan, Kamis (23/1).

Jokowi juga mengingatkan pentingnya kemampuan mengatasi ancaman yang kompleks dan berimplikasi terhadap pertahanan negara. Misalnya konflik internal, perang asimetrik, gerilya, perang proxy, perang hybrid yang menggabungkan strategi militer non militer serta konvensional dan non konvensional.

“Ke depan tantangan kita semakin berat. Tantangan besar pertama adalah semakin luasnya spektrum konflik di berbagai belahan dunia,” ucapnya.

Melihat tantangan ke depan semakin besar, Jokowi menginginkan diplomasi antar negara terus diperkuat. Di samping itu, alat pertahanan harus dipersiapkan semakin matang untuk menegakkan kedaulatan di kawasan Indonesia.

“Harus siap persenjataan untuk melakukan penegakkan hukum di wilayah kita,” kata Jokowi.

Sebagai informasi, Rapim ini merupakan pertama kali digelar setelah Kemenhan di bawah pimpinan Prabowo Subianto. Rapim mengambil tema “Pertahanan Semesta Yang Kuat, Menjamin Kelangsungan Hidup NKRI”.

dwi/fer

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.