Soekarwo ke Korban Gempa: Rumah Rusak Tanggung Jawab Provinsi Dibantu TNI

Posted by:

Surabaya Jejaknews – Jawa Timur diguncang gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR), Kamis (11/10) dini hari. Kerusakan parah terjadi di Kabupaten Sumenep, Madura hingga mengakibatkan tiga orang meninggal dunia di Dusun Jambusok, Desa Prambanan, Kecamatan Gayam.

Gubernur Soekarwo, Pangdan V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman serta Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan turun ke lapangan untuk melakukan koordinasi.

“Saya informasikan, pertama, rumah rusak akan menjadi tanggung jawab provinsi, yang kedua, mereka yang sakit silakan tanggung jawab kabupaten,” jelas Soekarwo.

Selain itu, kata Soekarwo, Pemprov Jawa Timur juga akan memberikan santunan kepada korban meninggal dunia, yang untuk sementara ini tercatat ada tiga orang.

“Tapi lebih daripada itu, kehadiran beliau beliau (Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim) memberikan rasa tenang masyarakat, bahwa pemerintah hadir dan menyelesaikan permasalahannya,” sambungnya.

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini juga memastikan, bahwa semua kebutuhan logistik sudah dikirim. Untuk perbaikan rumah, dibantu langsung oleh prajurit TNI AD dari Pangdam V Brawijaya.

Sementara Mayjen TNI Arif Rahman mengaku, saat ini anggotanya telah melakukan pendataan di Pulau Sapudi, baik korban maupun jumlah infrastruktur yang rusak.

Dari laporan yang masuk, tercatat ada sekitar 25 rumah yang rusak, tiga orang meninggal dunia, dan tujuh orang mengalami luka-luka. “Gempanya kan di Situbondo, di Situbondo saya cek, di Banyuwangi tidak ada kerusakan, hanya rusak sedikit, tetapi saat ini masih tetap dilakukan pendataan,” jelasnya.

Sementara data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meneyebut, gempa tektonik terjadi sekitar pukul 01.44.57 WIB di wilayah timur laut Situbondo. Hasil analisis BMKG, informasi awal gempa berkekuatan M=6,4. Tapi berdasarkan catatan 156 sensor seismik diperoleh magnitudo hasil pemutakhiran menjadi M=6,0.

Guncangan gempa dirasakan di Pulau Madura, Jawa Timur, dan Bali. Di Pulau Sapudi dan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, guncangan gempa dirasakan dalam skala intensitas IV-V MMI.

Di Situbondo; Banyuwangi; dan Jembrana, Bali barat, gempa dirasakan dalam skala intensistas III-IV MMI. Sedang di Denpasar; Kuta; dan Nusa Dua, dirasakan dalam skala intensitas III MMI. Gempa ini juga dilaporkan telah menimbulkan kerusakan beberapa rumah di Pulau Sapudi, Sumenep, Madura.

sti/sri

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.