Sultan Minta Lahan Tol Yogyakarta-Solo Dibayar Mulai November

Posted by:

Yogyakarta Jejaknews – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta pembayaran pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Solo dapat direalisasikan mulai November hingga Desember mendatang. Proyek tersebut ditargetkan rampung pada pertengahan 2021 mendatang.

“Meskipun hanya 2 bulan, tatapi karena nilainya triliunan, maka harapan kami itu bisa menopang perekonomian sehingga tidak memperparah minusnya pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta,” kata Sultan usai menggelar rapat bersama Bappenas di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (15/10).

Untuk itu, Sultan juga mendorong agar pihak appraisal segera bisa memberikan hasil penilaiannya sehingga pemerintah bisa secepatnya membicarakan kesepakatan harganya. Mengingat, pematokan lahan sudah selesai dilakukan. Hanya saja, nilai pastinya belum diketahui karena belum ada finalisasi harga.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bappenas Suharso Manoarfa berpendapat bahwa selama pandemi ini, pertumbuhan ekonomi di DIY mengalami penurunan lantaran selama ini yang menjadi andalan adalah sektor jasa, khususnya di bidang pariwisata, dengan kontribusi antara 10 persen-11 persen.

Oleh karena itu, Suharso menyarankan agar Pemda DIY memulihkan perekonomian, dengan melakukan keseimbangan dan beradaptasi dengan kenormalan baru, sembari menanti vaksin.

Lebih lanjut, Suharso juga mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemda DIY dengan melakukan tracing tanpa lockdown di desa-desa sehingga penularan virus dapat ditekan namun permulihan ekonomi tetap berjalan.

ken/yuk

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.