Surabaya Masih di Posisi Tertinggi Kasus Covid-19 dan Angka Kematian

Posted by:

Surabaya Jejaknews – Anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah memaparkan perubahan pemetaan zonasi risiko daerah Covid-19 di Indonesia. Dia memberikan gambaran laju kasus positif per 100.000 penduduk di setiap provinsi. Analisa data bukan hanya jumlah kumulatifnya kasusnya saja namun juga berdasarkan jumlah penduduk yang ada di wilayah tersebut.

Dia menyebut lima provinsi dengan laju insidensi tertinggi. Yaitu DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara. Sedangkan lima provinsi dengan laju insidensi terendah yaitu Provinsi Aceh, Nusa Tenggara Timur, Lampung, Jambi dan Riau.

Jawa Timur tidak masuk ke dalam daftar provinsi dengan laju insidensi tertinggi. Namun jika dilihat berdasarkan kabupaten/kota, Surabaya termasuk di dalamnya. Dengan angka lebih dari tujuh ribu kasus. Surabaya tertinggi secara kumulatif.

“Kita melihat bahwa jumlah kasus tertinggi secara kumulatif tetap berada di Kota Surabaya, kemudian disusul dengan Makassar,” ujar Dewi saat konferensi Pers di Gedung Graha BNPB, Jakarta (14/7).

Selain Surabaya, insidensi tertinggi ada di Banjarmasin, Manado, Palangkaraya, dan Jakarta Pusat. Dari 514 kabupaten/kota, hanya 2,7 persen atau 14 kabupaten/kota yang jumlah kasusnya di antara seribu hingga tujuh ribu kasus. Sedangkan 80 persennya atau 412 kabupaten/kota, jumlah kasusnya di bawah 100.

“Angka kematian per 100.000 penduduk, yang tertinggi juga masih ditempati oleh Kota Surabaya,” ujarnya.

Setelah Surabaya, angka kematian tertinggi disusul oleh Makassar, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan. Sedangkan angka kematian paling rendah yaitu di Cianjur, Tasikmalaya, Subang, dan Tegal.

Bila dipersentasekan secara keseluruhan, sekitar 51,8 persen atau 266 kabupaten/kota tidak ditemukan angka kematian. Sedangkan 17,3 persen atau 89 kabupaten/kota jumlah kematian satu orang.

Kemudian 20,8 persen jumlah kematiannya dua sampai sepuluh orang, terakhir sekitar 10,1 persen atau 52 kabupaten/kota yang angka kematiannya lebih dari sepuluh orang.

sti/dno

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.