Banjir Juga Rendam Margadana Kota Tegal, Warga Diungsikan

Posted by:

Kota Tegal Jejaknews – Rumah warga di Kecamatan Margadana Kota Tegal, Jawa Tengah, terendam banjir. Penduduk yang terdampak banjir terpaksa diungsikan ke tempat yang aman.

Kalakhar Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal, Andri Yudi Setiawan, mengatakan banjir kali ini disebabkan limpasan dari Sungai Kemiri. Sungai ini meluber akibat hujan deras pada Sabtu sore hingga malam. Ada tiga kelurahan di Kecamatan Margadana yang terkena banjir, masing masing Pesurungan Lor, Pesurungan Kidul dan Sumur Panggang.

“Untuk saat ini dua kelurahan sudah mulai surut. Untuk Sumur panggang banjir masih rendam rumah setinggi 60 cm,” ujar Andri Yudi, Minggu (26/1/2020) pagi.

Andri Yudi Setiawan menjelaskan, rumah rumah warga yang terkena banjir berada di Rt 9 Rw 1 dengan kedalaman air 50 sampai 80 cm. Dibantu petugas Polri, BPBD melakukan evakuasi korban banjir. Mereka ditempatkan di aula kantor Kecamatan Margadana.

“Data lasti korban banjir belum kami rekap, masih assesment. Untuk sementara ini ada sekitar 75 orang yang mengungsi. Mereka kami evakuasi karena rumah mereka tergenang cukup dalam,” terang Yudi.

Camat Margadana, Ali Rosyidi, ditemui di lokasi pengungsian mengatakan, pendopo Kecamatan Margadana menjadi tempat titik pengungsi bagi warga. Ada 75 orang dari 30 Kepala Keluarga yang saat ini mengungsi di kantor kecamatan.

“Dapur umum dan tenaga medis sudah disiapkan untuk membantu warga korban banjir,” tandas Ali Rosidi.

Ditemui terpisah, Sumiati (50) warga Kelurahan Sumur Panggang mengatakan, air mulai masuk pada Sabtu malam. Hingga Minggu pagi, air masih deras dan merendam perumahan warga.

“Malam Minggu air mulai masuk dan menjelang pagi air bertambah tinggi hingga saya sekeluarga milih mengungsi di kecamatan,” tutur Sumiyati (50) warga RT 09 RW 1 Kelurahan Margadana.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.