Jalur Evakuasi di Klaten Sepanjang 7 KM Rusak Parah

Posted by:

Klaten Jejaknews – Jalur evakuasi untuk pengungsian di lereng Gunung Merapi, Kabupaten Klaten mengalami rusak parah. Kerusakan sepanjang sekitar 7 kilometer di jalur tengah menuju Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang. Sebagian aspal jalan tersebut tampak mengelupas dan berlubang.

Kondisi ini dikawatirkan menghambat proses evakuasi jika terjadi erupsi Gunung Merapi. Mengingat dalam beberapa hari terakhir, gunung yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu terus menunjukkan aktivitasnya.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Doddy Hermanu mengaku sudah melakukan pengecekan ke lokasi tersebut. Pihaknya telah menyiapkan anggaran dari APBD Kabupaten dan APBD Provinsi untuk memperbaiki jalur tersebut.

“Kondisinya masih rusak parah sepanjang sekitar 7 kilometer. Nanti dianggarkan di tahun ini 2019 dengan APBD Provinsi Rp 7 miliar. Nanti 2020 juga ada lagi,” ujar Doddy, Minggu (10/2).

Doddy menambahkan, selain jalur tengah kerusakan juga terjadi di jalur tiga atau jalur timur. Yakni dari Desa Tegalmulyo menuju shelter Demakijo Kecamatan Karangnongko. Dua jalur lainnya yang juga mengalami kerusakan adalah jalur barat dari Desa Balerante menuju ke shelter Kebondalem, Prambanan dan jalur tengah dari Desa Sidorejo menuju shelter Menden Kecamatan Kebonarum.

“Intinya pemerintah provinsi dan kabupaten mempersiapkan jalur nya,” katanya.

Doddy menyampaikan, perbaikan kondisi jalur pengungsian tersebut mendesak dilakukan. Pihaknya telah menyiapkan lelang proyek tersebut dalam waktu dekat.

“Perbaikan ini memang mendesak dilakukan. Agar para pengungsi nanti kalau turun bisa melalui jalur-jalur yang sudah ditentukan ini,” tutup Doddy.

yuk/ken

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.