Jokowi Tegaskan Natuna adalah Wilayah NKRI

Posted by:

Natuna Jejaknews – Presiden Jokowi menegaskan bahwa wilayah Kepulauan Natuna adalah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kepulauan tersebut beserta perairannya masuk ke dalam administrasi Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu dengan ratusan nelayan di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, Pelabuhan Perikanan Selat Lampa Natuna, Kabupaten Natuna, Rabu (8/1).

“Di Natuna ini ada penduduknya sebanyak 81.000, juga ada bupatinya dan gubernurnya (Kepulauan Riau). Jadi jangan sampai justru kita sendiri bertanya dan meragukan. Dari dulu sampai sekarang Natuna ini adalah Indonesia,” kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden.

termasuk wilayah Kepulauan Natuna.

Kepala Negara menjelaskan bahwa tak ada kapal nelayan asing, termasuk China yang memasuki teritorial Indonesia seperti yang ramai diberitakan.

“Enggak ada yang masuk teritorial kita. Tadi saya tanyakan ke Panglima TNI, tidak ada,” ujarnya.

Ia didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sebelumnya, kapal nelayan China masuk ke wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia. Kehadiran kapal nelayan China yang dikawal oleh coast guard negeri Tirai Bambu itu memantik polemik dengan pemerintah Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa pemerintah sudah menyampaikan sikap jelas kepada pemerintah China terkait pelanggaran kapal Tiongkok yang masuk ke wilayah ZEE Indonesia. Retno menyatakan China harus mematuhi UNCLOS 1982.

“Kami ingin Tiongkok mematuhi hukum Internasional termasuk di UNCLOS,” katanya.

dwi/fer

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.