Tahanan Rutan Solo Usai Kericuhan Dipindah ke Polda Jateng dan Lapas Sragen

Posted by:

Solo Jejaknews – Enam tahanan dipindah usai kerusuhan di Rutan Klas IA Solo, Kamis (10/1). Enam tahanan dipindah ke Polda Jateng lantaran adanya gesekan dua kelompok dalam bangsal besukan.

“Ada enam orang tahanan yang kita terima di Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Jateng. Sementara tahanan lain di pindah di Lapas Sragen,” kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triadmaja saat dikonfirmasi.

Dia mengaku belum menerima informasi terkait jumlah dipindahkan dari Rutan Solo. Dia berharap masyarakat agar tidak mudah tersulut emosi setelah kejadian tersebut.

“Saat ini suasana sudah kondusif. Pemindahan tahanan bertujuan agar tidak terjadi bentrok lagi, kita pisahkan mereka. Semoga masyarakat bisa ikut menjaga kondusifitas,” pungkas dia.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementrian Hukum dan Ham Kantor Wilayah Jawa Tengah, Heni Yuwono mengaku tidak ada pelimpahan tahanan dari Solo setelah kerusuhan. “Saat ini belum terima tahanan di Lapas Kedungpane Semarang,” kata Heni Yuwono.

Sebelumnya, kericuhan terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA Solo, Kamis (10/1) siang. Sejumlah narapidana (napi) terlibat aksi saling lempar di dalam rutan. Kericuhan lebih besar hampir terjadi di luar tahanan, setelah muncul aksi solidaritas dari salah satu pelaku kericuhan.

Ratusan orang dari sebuah ormas bahkan sempat memenuhi pintu utama rutan yang terletak di ujung timur Jalan Slamet Riyadi, Gladag. Mereka datang setelah mendapat kabar dari pembesuk yang menceritakan bahwa napi teman mereka mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari napi lainnya.

Aksi saling lempar tersebut menimbulkan kepanikan sejumlah pembesuk dan petugas di rutan. Beruntung ratusan personel gabungan dari TNI dan Polri yang diterjunkan bisa mengamankan keadaan. Sehingga kericuhan yang lebih besar bisa dihindarkan.

Sebanyak 6 tahanan Rutan Kelas IA Solo yang terlibat keributan, kembali dipindahkan ke luar kota. Sehingga jumlah seluruh tahanan yang dipindahkan menjadi 12 orang.

svi/twk

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.