Walah…Hotel Milik UNS Solo Belum Memiliki Ijin..?

Posted by:

Solo Jejaknews – Kabar mengejutkan datang dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu dan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Solo menyatakan bahwa hotel UNS Inn yang ada di bagian depan kampus tersebut belum memiliki izin. Padahal hotel tersebut sudah beroperasi dan dibuka untuk umum.

“Setahu kami belum berizin sebagai hotel. Kami tahunya hanya mereka menggunakan sebagai pusat pendidikan dan latihan,” ujar Kepala DPMPTSP Solo Toto Amanto, Rabu (15/1).

Toto mengaku, pihaknya juga belum mengetahui jika pemesanan hotel tersebut layanannya sudah masuk dalam Online Travel Agent (OTA). Ia menyampaikan, saat ini memang ada beberapa bangunan yang disalahgunakan secara perizinan. Selain UNS, ada juga hotel lainnya yang secara izin belum terpenuhi.

“Kami malah baru tahu kalau bisa dipesan lewat aplikasi. Kalau hotel yang satunya itu dulu pernah mengajukan perizinan. Tapi karena lokasinya berada dalam lingkungan padat penduduk, izinnya tidak kami keluarkan. Tapi tetap saja mereka beroperasi sebagai hotel,” katanya.

Toto menyatakan, pihaknya tidak mempunyai kewenangan untuk memberikan sanksi. Ia baru akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk penertibannya. Bersama Dinas Pariwisata pihaknya menghimpun data hotel yang salah secara perizinan.

“Kalau untuk penindakan itu kewenangan Satpol PP,” tandasnya.

Sementara itu berdasarkan informasi yang diperoleh, hotel UNS Inn membuka fasilitas pemesanan melalui OTA. Hotel tersebut memiliki rate harga Rp 470 ribu dengan fasilitas bintang tiga.

Deputi Humas UNS Intan Novela enggan memberikan komentar saat ditanyakan hal tersebut. Menurutnya, dirinya belum pernah mengikuti rapat membahas hal ini dengan pihak yang berwenang di UNS.

“Kalau saya bicara tanpa tahu persoalannya dulu nanti malah salah,” ujar Intan.

svi/twk

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.