Wakil Ketua KPK soal Kritik dari Penyidik: Bukan Menentang Pimpinan

Posted by:

Jakarta Jejaknews – Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menjamin gejolak soal penyidik bisa diselesaikan dengan baik di lingkup internal. Menurut Alexander, kritik pegawai jangan dianggap menentang pimpinan.

“Apa pun yang terjadi di KPK, ini kan harus diselesaikan dengan baik. Terkait dengan kritik pegawai, ya jangan langsung itu dianggap sebagai sesuatu hal yang seolah-olah menentang keputusan pimpinan. Nggaklah,” kata Alexander seusai acara buka puasa bersama di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Selain itu, dia mengatakan seluruh pegawai harus mengikuti aturan internal. KPK membutuhkan checks and balances dan pimpinan KPK tidak bersikap otoriter.

“Kembali lagi checks and balances itu harus berjalan di KPK. Karena itu kekuatan KPK di situ, pimpinan nggak otoriter. Demikian juga sebaliknya pegawai juga harus memperhatikan peraturan-peraturan dalam kegiatan itu semua,” jelas dia.

Indonesia Corruption Watch (ICW) sebelumnya menyoroti sejumlah hal seperti tuntutan pidana hingga gejolak internal selama kepemimpinan Agus Rahardjo cs. Alexander membantah adanya konflik internal di KPK.

“Nggak ada konflik internal. Itu kan bagian dari checks and balances. Jadi pegawai boleh mengkritik atau bahkan memberikan saran kepada pimpinan, demikian juga pimpinan bisa memberikan kritik atau mengawasi dan mengontrol staf di KPK,” tutur Alexander.

Saat ditanya adanya penyidik menyampaikan surat kepada pimpinan KPK, Alexander membenarkan. Tapi seluruh keputusan berdasarkan kolektif kolegial.

“Jadi kembali lagi bahwa pimpinan di KPK itu kan kolektif kolegial. Siapa pun boleh menghadap pimpinan, tetapi pimpinan tidak bisa mengambil keputusan sendiri dan begitu. Siapa pun boleh menghadap pimpinan dan saya juga terbuka. Kan nggak mungkin kalau saya menutup pintu saya untuk pegawai atau yang ingin menyampaikan sesuatu ke pimpinan. Kebetulan waktu itu yang ada di kantor saya,” tuturnya.

riy/nna

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.